Wisata Edukasi ke Museum Situs Purbakala Cipari di Kabupaten Kuningan

sewa elf ke cipari kuningan

Sebuah bangsa pasti memiliki cagar budaya sebagai bagian dari perjalanan sejarah bangsanya. Museum Situs Purbakala Cipari adalah tempat di mana kita bisa melihat benda-benda cagar budaya sebagai peninggalan bersejarah. Gedung Museum Situs Purbakala Cipari sendiri merupakan sebuah cagar budaya. Mengunjungi tempat ini akan memperkaya wawasan sejarah kita.

Situs Purbakala Cipari luasnya mencapai 7000 meter persegi. Di dalamnya terdapat taman dengan tembok yang mengelilinya. Tinggi tembok tersebut sekitar 2 meter dengan luas mencapai 2500 meter persegi. Berada di ketinggian 661 mdpl, berlokasi di kaki gunung Ciremai, dengan jarak dari Cirebon kurang lebih 35 km dan bisa ditempuh menggunakan mobil.

Pada mulanya Museum Situs Purbakala Cipari adalah milik dari Wijaya, seorang penduduk asli di sana. Beberapa waktu kemudian, di tanah miliknya itu ditemukan sebuah batuan yang serupa persis dengan batu yang dipamerkan di Paseban, tempat cagar budaya di Kuningan. Temuan ini lantas ditindak lanjuti oleh dinas kepurbakalaan hingga suits inipun diresmikan sebagai situs Museum pada tahun 1978, oleh Prof. Dr. Syarif Thayeb, Menteri pendidikan kala itu.

Ada dua bagian terpisah dari Situs purbakala ini, yang pertama adalah Museum dan selebihnya adalah monument, di bagian terluar. Ditemukan pula dua kuburan dengan bentuk trapezium di bagian luar. Ketika dibuka, isi dari kuburan batu tersebut hanya berupa gerabah dan gelang batu, kerangka manusia sama sekali tidak ditemukan di dalamnya.

Bukan itu saja, ditemukan juga dakon, menhir, dolmen, altar batu, dan batu gelang yang menandakan bahwa areal situs ini pada masa lalu merupakan sebuah tempat untuk melakukan pemujaan, ritual, dan aktivitas peribadatan. Fungsi lainnya adalah sebagai media untuk berkomunuikasi dengan roh nenek moyang.

Di bagian dalam, tepatnya di Museum Situs Purbakala Cipari, erdapat hasil temuan seperti gerabah, kapak perunggu, gelang batu, kapak batu dan lain-lain, semuanya dipajang dengan rapi. Dilihat dari pembuatannya bisa dipastikan teknologi yang digunakan sudah terhitung maju.

Museum ini sering dijadikan wisata edukasi bagi para siswa siswa mulai tingkat SD sampai dengan SMU, Biasanya mereka memanfaatkan layanan sewa mobil elf untuk mengunjungi museum ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *