Sistem Penyimpanan Barang di Gudang

Penataan barang di gudang apabila menggunakan sistem ini seharunya tidak ditumpuk melainkan dijajar sesuai dengan waktu barang tersebut masuk. Tetapi kelemahan-kelemahan tersebut dapat dihindari jika pehak pengelola gudang mampu mengatur pemindahan barang-barang sesuai dengan sistem ini. Selain menjaga kualitas barang kelebihan lain dari sistem ini adalah adanya kestabilan harga barang-barang yang disimpan.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya sistem ini adalah suatu cara penyimpanan barang yang mana barang yang pertama kali masuk gudang maka juga yang pertama keluar dari gudang. Selain itu dalam gudang juga harus diperhatikan terkait pemeliharaan dan keamanan barang-barang logistik yang disimpan. Jadi, pada intinya gudang adalah suatu ruangan atau tempat yang dibebani tugas untuk menyimpan barang yang akan dipergunakan dalam produksi, dari mulai barang itu diterima sampai pada saatnya barang itu dipergunakan atau dipindahkan.

Gudang terbuka yang tidak diolah adalah gudang yang berupa lapangan terbuka yang permukaannya diratakan tanpa diperkeras biasanya digunakan untuk menyimpan logistik yangg tidak terpengaruh perubahan cuaca/untuk penyimpanan yang sifatnya sementara. A. menerima, menyimpan, mengatur dan menjaga keutuhan barang dalam gudang/ruang penyimpanan agar dapat dipergunakan sesuai dg rencana secara tertib, rapi dan aman; Operasi pergudangan: Movement , fungsinya memperbaiki perputaran inventory dan mempercepat proses pesanan dari produksi hingga ke pengiriman utama.

Transaksi meliputi penerimaan barang jadi, penyimpanan barang yang diterima gudang, pengambilan dan persiapan barang yang akan dikirim, dan pengiriman barang ke konsumen. Transaksi meliputi penerimaan&penyimpanan material, pengambilan material, penyimpanan barang jadi ke gudang, transaksi internal gudang, dan pengiriman barang jadi ke central wraehouse, distribution warehouse, atau langsung ke konsumen. Pemilihan penggunaan rak dalam sistem pergudangan harus disesuaikan dengan karakteristik barang yang akan disimpan.

Fungsi Gudang Bagi perusahaan-perusahaan kecil yang keadaan modalnya tidak memungkinkan untuk menyediakan tempat dan peralatan khusus, maka dianjurkan agar dapat memilih barang-barang dagangan untuk persediaan, yang cara penyimpanan dan pemeliharaannya tidak terlalu khusus. B. Bahan-bahan baku dan barang dalam proses produksi. 1. Barang-barang yang diterima di gudang ini disusun dan disimpan sesuai:

Barang yang baik dikirim ke gudang tetap dengan surat pengantar khusus yang berisi nama, jenis, spesifi kasi, harga dan instruksi cara penyimpanannya. Gudang berfungsi sebagai tempat menyimpan dan memelihara barang-barang yang disimpan di dalamnya di samping tempat menyimpan/menimbun dan memelihara, gudang dapat pula digunakan sebagai tempat mengolah, menyortir, membungkus, dan mengepak barang-barang yang akan dijual ataupun dikirim. Penyimpanan barang hasil produksi yang siap dijual atau di distribusikan ke konsumen akhir.

3. Gudang Penyimpanan barang Hasil Produksi. Penyimpanan bahan baku produksi ini dapat berupa plastik, berbagai jenis logam, pasir, kakao dan beton. Gudang jenis ini biasanya digunakan sebagai tempat distribusi singkat untuk menyimpan barang yang akan segera dikirim ke konsumen.

Spesifikasinya sesuai digunakan untuk gudang dan stok penyimpanan produk toko / minimarket modern. Idealnya, sistem ini digunakan untuk menyimpan barang sejenis tanpa jadwal ketat untuk proses bongkar-muat. Dengan mempergunakan gudang umum, perusahaan memiliki banyak pilihan lokasi serta jenis gudang, apakah akan digunakan khusus penyimpanan yang dingin, hanya komoditi atau lainnya.

Sementara gudang umum membebankan biaya pada tempat yang disewa serta memberi pelayanan suplemen (dengan biaya tertentu) untuk menyidik barang-barang, melakukan pengemasan, pengiriman, serta penagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *