Membahas Myasthenia Gravis Secara Lengkap: Pengertian, Gejala, Penyebab dan Penyembuhan

sumber gambar: sehatq.com

Banyak orang yang bertanya tanya mengenai penyakit ini sebab masih awam diterima oleh manusia. Sejenis penyakit apakah kelainan ini? Sebenarnya pengertian myasthenia gravis adalah adanya autoimun yang memiliki hubungan antara otot (neuromuskular) dan saraf otak. Berdasarkan Myasthenia Gravis Foundation of American, penyakit ini merupakan kelainan primer yang umum dari transmisi neoromuskular. Dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini cukup fatal sebab membuat beraneka derajat kelemahan dalam otot kerangka. Derajat kelemahan otot akan mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu apabila tidak kunjung diatasi. Sekedar informasi, otot kerangka ini sendiri memiliki tugas dalam menggerakkan bagian tubuh tertentu dan ketika melakukan pernapasan. Adanya otot melemah disebabkan oleh adanya transmisi impuls yang tidak tepat sehingga komunikasi antara otot dan saraf otak terhalang dan berdampak pada kelemahan otot. Ini akan terus berlanjut bahkan memburuk  ketika pasien tetap beraktivitas dan pulih setelahnya.

Setelah anda paham akan pengertian myasthenia gravis di atas, ciri-ciri seseorang menderita myasthenia gravis dilansir dari alodokter.comialah adanya kelemahan otot yang semakin buruk setelah melakukan aktivitas dan pulih setelah istirahat yang cukup. Di bagian mana saja penyakit ini menyerang? Penyakit ini biasanya mengincar otot-otot yang sedang mengontrol kelopak mata, ekspresi wajah, mata, berbicara, menelan, dan mengunyah. Namun, dimungkinkan juga akan dialami oleh beberapa bagian tubuh, misalnya leher, otot yang mengatur pernapasan, dan anggota gerak tubuh. Adapun penyebab utama penyakit ini belum diketahui. Akan tetapi bersumber dari asosiasi muskular distropi menyimpulkan bahwa penyebabnya berkaitan dengan adanya protein bakteri atau virus tertentu yang berperan dalam mendorong tubuh agar menyerang asetilkolin. Suatu penelitian juga mengatakan bahwa mereka yakin tentang dimungkinkan adanya kesalahan dalam memberikan instruksi oleh kelenjar timus pada sel imun yang sedang mengalami perkembangan. Inilah sebabnya banyak sel baik yang menyerbu jaringan dan sel sehat. Alhasil akan diproduksikannya reseptor asetilkolin.

Penyakit ini dapat menyerang semua kalangan tanpa memandang usia. Khususnya bagi laki-laki berusia 60 tahun ke atas dan perempuan yang memiliki usia di bawah 40 tahun. Gejala yang ditimbulkan beragam, mulai dari suara serak, susah mengunyah dan menelan, merasa kesulitan ketia mengangkat barang dan menaiki tangga, kelumpuhan wajah, kelelahan, sulit berbicara, mengalami penglihatan ganda, sulit bernapas sebab kelemahan otot pernapasan, dan lipatan mata mengalami penurunan (ptosis). Hingga saat ini dalam menangani masalah myasthenia gravis belum ditemukan dengan pasti untuk obatnya. Akan tetapi saat ini sudah tersedia yang berguna untuk memperbaiki kualitas hidup pasien dan meminimalisir munculnya gejala penyakit. Ternyata untuk melakukan pengobatan pada pasien harus disesuaikan dengan beberapa hal, meliputi lokasi otot yang terdampak, umur, kondisi medis lain, atau tingkat keparahan penyakit. Dalam meminimalisir gejala yang ditimbulkan, bersumber dari sehatq.com, ada beberapa cara yang dapat dicoba oleh pasien, berikut diantaranya:

  • Plasmaferesis

Pengobatan ini dengan memanfaatkan mesin sebagai prosedurnya. Adanya mesin ini akan membantu untuk menghilangkan antibodi berbahaya yang terkandung pada dalam plasma. Kemudian akan menggantikannya dengan plasma yang lebih baik.

  • Imunoglobulin intrabeva

Pengobatan berupa injeksi yang memiliki konsentrasi tinggi dari antibodi. Adanya injeksi ini akan mengubah kinerja sistem imun untuk sementara. Injeksi ini didapatkan melalui donor sehat.

  • Obat-Obatan

Obat-obatan yang dapat membantu untuk memulihkan kelemahan otot, diantaranya:

  1. Immunosupresan, meliputi tacrolimus, prednisone, rituximab, mycophenolate mufetil, dan aathioprine. Adanya obat ini membantu untuk menekan hasil produksi antibodi yang tidak normal.
  2. Antikolinesterase (pyridostigmine), berperan untuk memulihkan kontrasi dan kekuatan otot. Selain itu, dipercaya untuk memperkuat komunikasi antara otot dan saraf otak.
  3. Operasi

Operasi atau pembedahan dilakulan untuk menghilangkan timektomi atau kelenjar timus.

  • Menjauhi Hal-Hal Yang Dapat Memicu Munculnya Gejala

Beberapa pendapat menyebutkan bahwa ketika seseorang mengalami kepanasan, stres, dan kelelahan akan menyebabkan gejala penyakit ini memburuk.

Setelah adanya penjelasan mengenai gejala, penyebab, penyembuhan, dan pengertian myasthenia gravis di atas semoga yang masih awam dengan istilah medis ini bisa memahaminya. Akan lebih baik jika dapat mengaplikasikannya untuk penderita atau mensosialisasikannya kepada khalayak umum untuk pencegahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *