Inilah Cara Membuat Pakan Ikan Tanpa Mesin

Inilah Cara Membuat Pakan Ikan Tanpa Mesin – Ikan merupakan salah satu hewan air yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Selain pengolahannya yang tidak terlalu sulit, rasa daging ikan yang cenderung lembut membuat hewan ini banyak disukai. Sebagian dari masyarakat memilih mengembangbiakkan beberapa jenis ikan sebagai bagian dari bisnis atau sekedar menyalurkan hobi.

Budidaya ikan bisa dijadikan sumber penghasilan. Jika ikan berhasil dikembang biakkan maka ikan dapat dijual dan tentunya memberi penghasilan. Akan tetapi, dalam prosesnya terdapat hal penting yang tak boleh dilupakan. Salah satunya ialah pakan atau makanan yang akan diberikan. Sama seperti manusia, makanan pada ikan juga menjadi faktor penting dalam keberlangsungan kehidupan ikan.

Akan tetapi harga pakan ikan di pasaran terkadang sangat mahal dan tidak sesuai dengan anggaran peternak ikan. Sebenarnya, Anda bisa membuat pakan ikan tanpa mesin yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut bisa mengatasi masalah modal pakan yang cenderung mahal. Berikut beberapa cara dan hal yang perlu Anda lakukan.

Cek juga: Umpan mancing ikan patin

Tahap Persiapan Bahan

Pertama, Anda harus menyiapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pakan ikan. Pilihlah bahan yang tidak berbahaya untuk ikan. Bahan yang bisa Anda gunakan ialah tepung terigu. Akan tetapi sebelumnya Anda perlu memastikan pakan tersebut sesuai dengan jenis ikan yang sedang Anda ternakkan. Hal tersebut bisa mempengaruhi keberlangsungan hidup ikan tersebut.

Setiap bahan yang digunakan untuk membuat pakan ikan tanpa mesin harus benar-benar diperhatikan. Mulai dari tekstur, bentuk, ukuran, dll. Persiapan dan pemilihan bahan harus sudah benar-benar dipertimbangkan secara matang mengenai total modal hingga kualitas bahan yang akan digunakan.

Tahap Pembuatan

Salah satu pakan yang bisa dibuat ialah pakan apung. Cara ini sangat direkomendasikan karena caranya cukup sederhana dan bahannya pun tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa jenis tepung. Tepung tersebut perlu diolah kemudian dicetak dengan bentuk yang Anda kehendaki namun tetap sesuai untuk ikan.

Jika sudah selesai, berikutnya pakan ikan tanpa mesin tersebut bisa Anda keringkan dengan menjemurnya di bawah matahari. Dengan mengandalkan matahari maka modal yang akan Anda keluarkan tidak akan terlalu mahal. Jika ingin lebih cepat, Anda dapat melakukan pemanggangan dalam oven. Namun, Anda harus menaikkan sedikit modal untuk keperluan kompor.

Pembuatan Pelet Ikan

Selain pakan apung, Anda juga dapat membuat pelet ikan tanpa mesin. Pelet banyak digunakan oleh kebanyakan peternak ikan karena memang terbukti ampuh menghasilkan ikan yang terbaik. Anda dapat menggunakan proses fermentasi pada ragi tempe. Anda harus menyiapkan bahan lain seperti keong sawah, dedak halus, dan vitamin serta ragi tempe.

Kemudian, campuran tersebut dapat dibentuk dengan menggunakan cetakan tertentu dan dikeringkan menggunakan panas sinar matahari. Pakan ikan tanpa mesin ini dipercaya bisa membuat ikan yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan penggunaan pelet dengan harga yang mahal. Apalagi bahan-bahannya dapat diperoleh dengan mudah.

Pelet Dari Cacing Tanah

Cacing sering dimanfaatkan untuk umpan saat memancing. Ternyata, cacing juga bisa digunakan untuk pakan ikan berupa pelet. Cara membuatnya ialah dengan menjadikan cacing sebagai tepung. Caranya dengan mengeringkannya lalu menggilingnya hingga menjadi tepung. Lalu bubuk cacing dibentuk dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

Itulah beberapa cara dan tahapan untuk membuat pakan ikan tanpa mesin. Cara tersebut bisa menjadi alternatif bagi Anda yang baru memulai ternak ikan. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar namun hasilnya tidak jauh berbeda dengan pada umumnya. Jadi, jika ada yang lebih hemat, kenapa tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *