Informasi Seputar Kelebihan Dan Kekurangan Kusen Aluminium

gambar kusen aluminium

Kelebihan Dan Kekurangan Kusen Aluminium – Kusen adalah salah satu material bangunan yang harus ada dalam sebuah bangunan karena memiliki peranan yang penting. Perannya adalah sebagai tempat melekatnya pintu dan daun jendela yang dipasang pada dinding. Pintu dan jendela tidak dapat dipasang tanpa adanya kusen. Sehingga, pada umumnya ada dua jenis kusen, yaitu kusen pintu dan kusen jendela.

Bahan pembuatan kusen itu beragam. Ada yang terbuat dari kayu, maupun kusen yang terbuat dari aluminium atau logam. Meskipun kusen yang terbuat dari kayu yang paling sering dijumpai di pasaran, banyak orang yang saat ini mulai tertarik untuk menggunakan kusen dari bahan aluminium. Tapi, seperti halnya kusen dari kayu, ada pula kelebihan dan kekurangan kusen aluminium. Hal tersebut perlu anda ketahui sebagai bahan pertimbangan bila ingin menggunakan kusen aluminium untuk bangunan yang anda miliki.

Informasi selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan kusen aluminium akan disampaikan di bawah ini.

Kelebihan Kusen Aluminium

Bahan kusen aluminium sangat baik untuk rumah karena memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca. Terlebih lagi dengan cuaca di Indonesia, yang mana terkadang sangat panas dan pada musim penghujan bisa menjadi cukup dingin. Kusen dari aluminium ini tahan terkena panas matahari dalam waktu lama. Bentuk kusennya pun tidak akan berubah karena efek panas atau dingin tersebut sehingga pintu ataupun jendela bisa awet karena kusennya tidak melengkung dan tidak akan mengalami penyusutan akibat perubahan cuaca. Karena sifatnya yang tahan lama tersebut, penggunaan kusen aluminium sangat tepat untuk tempat-tempat yang mudah lembab dan berjamur.

Selain itu, kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kusen aluminum adalah sebagai berikut;

  • Bahan aluminium ini tidak akan mungkin dimakan rayap ataupun hewan pengerat lainnya, sehingga akan tahan terhadap keropos. 
  • Memiliki berat yang ringan dan bila ingin memindahkan kusennya cukup mudah, sehingga bisa menghemat biaya renovasi.
  • Memiliki warna yang menarik. Meskipun warna dasarnya perak atau putih keperakan, namun warnanya bisa diubah sesuai keinginan dengan cara dicat. 
  • Desainnya kusennya dapat dibuat sesuai pesanan (costum). 
  • Jika dibandingkan dengan kusen kayu, maka kusen aluminium ini juga mudah dipasang.
  • Untuk merawat kusen aluminium sendiri juga sangat mudah. Tidak diperlukan perlakuan khusus. Jika kotor, bisa dibersihkan dengan air biasa atau dengan menyikat. Selain itu, tidak perlu untuk dicat ulang, sehingga sangat baik untuk berbagai jenis model rumah.
  • Sebenarnya harga kusen aluminium lebih murah. Memilih kusen alumunium bisa menghemat anggaran ketika membangun sebuah rumah. Karena, biaya untuk proses pembuatan, pemasangan, dan perawatan pada kusen aluminium lebih murah.
  • Tahan api.
  • Dapat digunakan untuk jangka waktu panjang (awet).
  • Tidak hanya digunakan untuk pembangunan rumah, tapi bisa digunakan untuk bangunan pabrik, perkantoran, gudang, showroom, dan lain-lain. 

Kekurangan Kusen Aluminium

Selain ada kelebihan, pastinya juga ada kekurangan dari kusen aluminium. Adapun kekurangannya adalah sebagai berikut;

  • Memiliki desain yang terbatas, sebab kusen aluminium dibuat secara khusus oleh pabrik sehingga terlihat sangat monoton. 
  • Seperti yang disebutkan diatas, kusen aluminum itu mudah dipasang. sebab, kusen aluminium biasanya hanya ditempelkan di tembok dengan sekrup khusus dan dipasang dengan alat fischer agar kusen menempel pada tembok dengan kuat. Lalu, bekas dari alat itu akan ditutup lagi dengan semen. Meskipun pemasangannya ini terlihat mudah dan aman, tapi sebenarnya ketika tekanan fischer terlalu kuat apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya maka dapat berakibat fatal.
  • Ukuran harus akurat. Sehingga, dalam proses pemasangan ukuran untuk tempat kusen harus dibuat secara detail dari awal. Jangan sampai tembok terlalu besar atau kecil sehingga kusennya tidak muat. 
  • Pemasangan harus dengan presisi dan tepat. Disarankan untuk tidak memilih kusen aluminium yang bermutu rendah. Bila pemasangannya kurang tepat, maka rentan bocor.

Itulah apa yang dapat disampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan kusen aluminium. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *