Fungsi dan Tujuan Dari Gudang

Untuk barang setengah jadi, tempat penyimpanan bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama yaitu barang disimpan pada tempat tertentu dalam periode yang agak panjang sampai barang tersebut diperlukan. Temporare dalam arti barang disimpan/ditempatkan hanya untuk sementara waktu menunggu proses operasi berikutnya.

Dari beberapa macam gudang diatas, gudang bahan baku dan gudang komponen, serta barang jadi memerlukan ruangan dan perhatian yang lebih dominan. Dengan frekuensi pengambilan item dan pengirimannya ke pelanggan dilakukan setiap hari (Purnomo, 2004) 4.1.3 Fungsi Gudang Tujuan dari adanya tempat penyimpanan dan fungsi dari pergudangan secara umum adalah memaksimalkan penggunaan sumber-sumber yang ada disamping memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan dengan sumber yang terbatas. 4.1.2 Misi Pergudangan Sebagai fasilitas pelayanan produksi, pergudangan mempunyai misi antara lain sebagai berikut : 1. Sebagai penyeimbang dan penyangga bervariasinya antara jadwal produksi dan permintaan.

20 Fungsi penerimaan menerima seluruh material yang datang dari pemasok eksternal maupun internal memeriksa material/barang yang datang memeriksa dokumen yang menyertai material tersebut mencatat faktur penerimaan mencatat jika ada kunatitas/kualitas yang barang yang tidak sesuai membuat laporan penerimaan barang mengirim ke tempat penyimpanan. 12 Misi pergudangan Penyeimbang dan penyangga adanya variasi jadwal produksi dan permintaan. Berdasarkan fungsi barang Sebagai raw material, merupakan barang yang akan diproses dan diberi nilai tambah untuk kemudian dapat dijual dan dipasarkan kepada konsumen dengan nilai yang lebih tinggi.

6 Pengertian Gudang Adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyimpan barang baik yang berupa raw material, barang WIP atau finished good. 4 Beberapa aktifitas di dalam gudang secara sederhana : 1. Administrasi 2. Penerimaan barang 3. Penyimpanan barang 4. Pengepakan barang ke tempat yang dituju 5. Pengeluaran barang. 3 Saat ini gudang memiliki arti luas dan lebih dari sekedar tempat penyimpanan saja.

Sewa gudang surabaya waringinwarehouse.com Perlunya manajemen gudang adalah pengelolaan dari aktifitas yang saling terkait dalam aktifitas penyimpanan barang sementara. Tipe ini sangat cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang yang mempunyai dimensi yang besar dengan varian dimensi yang beragam. Penggunaan rak ini disesuaikan dengan karakteristik produk yang ada di dalam gudang tersebut.

Perjanijian ini lebih-lebih bisa sebegitu ketat, semisal wahid peritel luar negeri yang tersangkut kasus di KPPU, salah satunya karena diduga mengadakan perjanjian pada pemasok supaya harga yang masuk ke ritel tersebut wajib lebih murah dibanding ritel mana saja yang memesan barang sama dengan pemasok. Perjanjian produk yang returnable juga dapat menguntungkan perusahaan dibandingkan dengan sistem beli putus. F. Menempatkan petugas-petugas khusus untuk memelihara dan memeriksa keadaan tempat penyimpanan dan keadaan barang yang disimpan.

Prosedur penyimpanan barang dagangan di gudang yang harus dilakukan adalah sebagai berikut. 4. Penyimpanan dan Pemeliharaan Barang di Gudang. Sedang barang dagangan yang disipan untuk djiual oleh perusahaan dagang disebut sebagai ”Persediaan Barang dagangan” (Merchandise Invetory).

C. Bahan atau barang yang disimpan untuk dipakai. Banyak jenis barang yang disimpan antara lain: Pengeluaran barang dari gudang dilakukan sesuai permintaan yang tercantum dalam bon barang.

Kartu gudang ini berfungsi untuk mencatat barang masuk dan keluar. 2. Semua barang yang masuk dicatat dalam kartu gudang (buku gudang). B. Penyimpanan Barang Barang ke Gudang Tetap.

Dengan demikian, penyimpanan barang di gudang perlu menempuh suatu prosedur tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *