Biografi Ari Lasso

Ari Bernardus Lasso, atau lebih tinggi dikenal sebagai Ari Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur, pada 17 Januari 1973. Ia dinobatkan sebagai penyanyi pop Indonesia yang merupakan vokalis untuk band Dewa 19 (1991-1999). Putra pasangan Bartholomeus B. Lasso dan Sri Noerhida akhirnya meninggalkan Dewa 19 dan menjalani profesi sebagai penyanyi solo.

KARIER

Ketika remaja Ari pergi ke sekolah menengah di Surabaya 2, bersama-sama dengan teman baiknya Juniarso yang tumbuh menjadi drummer pertama Dewa 19 dan Piyu yang kemudian tumbuh menjadi gitaris Padi, membentuk band yang disebut Outsider Band. Sejak bergabung dengan personil Down Beat yang terdiri dari Dhani, Erwin dan Andra, ia merasa cocok sehingga ia mulai menikmati musik secara kolektif. Persahabatan mereka kemudian berlanjut dengan pembentukan band Dewa 19.

Melalui pergulatan panjang, terakhir Dewa 19 berhasil masuk ke dapur rekaman. Album debut Dewa 19, KANGEN, kemudian berhasil tumbuh menjadi model BASF terlaris (1993). Terus hari semakin banyak dalam gaya Dewa 19, agar gelar Ari Lasso juga meroket.

Namun jelas Ari tidak dapat tumbuh menjadi penyanyi terkenal sehingga ia mulai peduli pada pengobatan. Keterlibatannya dengan pengobatan karena album ketiga terakhir tidak dapat ditoleransi oleh Dhani dan personil Dewa 19 yang berbeda. Puncaknya terputus dengan pemecatan Erwin, Wong Aksan dan akhirnya Ari dari Dewa 19. Chordeasy.com.

Semangat muncul dari Ari untuk berusaha keluar dari pengaruh obat-obatan dan membersihkan dirinya sendiri. Sejak berhasil merilisnya, profesi solo Ari meroket dan berhasil memasukkan dirinya ke dalam jajaran musisi papan atas Indonesia. Ari kemudian meluncurkan album SENDIRI DULU (2001).

Hubungannya dengan Dhani yang tegang bahkan cair. Sebenarnya, Dhani siap untuk menyumbangkan dua lagunya Rahasia dan teknik Ladies and If I Am Not Me ke album solo kedua Ari, berjudul BALANCE (2003), yang menghasilkan respons yang baik dari para pecinta musik Indonesia.

Pada 2004, Ari kembali meluncurkan album solonya, dengan judul KULIHAT, KUDENGAR, KURASA. Album ketiga ini memperjuangkan single hit Mengejar Matahari dan Arti Cinta di samping soundtrack film MengEJAR MATAHARI.

Sekali lagi, judul sebenarnya pemiliknya Ari Bernardus Lasso meluncurkan album keempatnya pada tahun 2006. Album dengan judul SELALU memperjuangkan musik Cinta Terbaik. Pemilik zodiak Capricorn meluncurkan album THE BEST OF pada 2007. Di album ini, penyanyi kait Ari Bunga Citra Lestari berduet di musik Me and Your self.

Pada tahun 2009, Ari dijatuhi hukuman oleh penyedia layanan kesehatan jika pita suaranya telah terputus. Karena kenyataan ini Ari mengantisipasi dengan berdiskusi puasa. Pita suara Ari tak lama kemudian patah saat menyanyi saat berbicara. Ari juga ditekan untuk ‘istirahat’ dari jadwal pertunjukan selama empat bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *