Bersepeda di Tengah Pandemi Covid

Cetaklanyard.online – Sosial Sepeda. Tahun 2020 memang jadi tahun yang istimewa dan banyak hal mengagetkan terjadi. Mulai dari adanya wabah COVID-19, momen musibah di Masamba, berpulangnya beberapa selebritis papan atas ataupun tokoh penting Indonesia sampai bermunculan isu terhangat serta kelompok sosial baru di Indonesia.
Hadirnya isu terhangat baru ini memang sudah menjadi hal yang lazim di negeri +62 ini. Seumpama, trend rubik di tahun 2010 yang membuat penjualan rubik melonjak dan hadirnya bermacam-macam ragam teladan. Berganti tahun, trend rubik semakin turun dan digantikan dengan mainan spinner.

Di tahun 2020 ini malah bukan rubik ataupun spinner lagi yang menjadi trend, namun sepeda.
Seperti saat isu terkini permainan rubik, dari segi penjualan, kebutuhan akan sepeda juga naik secara pesat dan harganya juga ikut mahal. Mereka menawarkan sepeda dari pelbagai merk dan figur. Ada yang sepeda gunung, sepeda lipat, maupun sepeda tua atau onthel. Isu yang seperti ini tentu akan memunculkan banyak kelompok sosial sepeda.

Kelompok yang tidak cuma terdiri dari bapak-bapak saja, tetapi juga lintas umur, gander malah status ekonomi.
Tidak ada yang salah dengan fenomena ini. Malahan Bila Anda bergabung dalam salah satu komunitasnya, ada manfaat yang akan Anda temukan. Beberapa diantara manfaat bergabung dengan komunitas sepeda adalah:

1. Tambah Koneksi
Manfaat yang pertama ialah Anda bisa menambah koneksi. Anda bisa berkenalan dengan member kelompok sosial sepeda lain dan saling bertukan isu tentang beraneka hal. Dapat tentang sepeda itu sendiri, daerah-daerah asik untuk goes bareng, kiat bersepeda bahkan menambah hubungan bisnis. Tentunya sangat menyenangkan bukan? Malah Anda juga berkolaborasi dengan komunitas lain untuk membikin acara menarik seperti gathering, bakti social, bersih pantai, jalan dan masih banyak lagi.

2. Menambah Teman Memang Asik
Berapapun umur dan apa saja gander Anda pasti akan merasa bergembira seandainya menambah teman dan kekerabatan. Apalagi jika Anda kurang nyaman bersepeda sendirian. Dari latar belakang apapun sahabat baru Anda, pasti mereka akan membawa hal positif untuk kehidupan. Kian banyak teman, wawasan dalam hal apa saja akan menjadi lebih luas.

3. Sehat Bareng Memang Tak Salah
Menjadi pribadi yang sehat yakni hal yang penting dan membahagiakan. Jadi, tak ada salahnya apabila Anda bisa sehat bareng dengan minimal satu komunitas sepeda. Dengan hati yang senang, bersepeda akan menjadi obat yang mujarab untuk Anda yang sedang sakit. Di usia yang lanjut malahan jika punya banyak teman, berolahraga rutin dan merasa bersuka cita Anda akan awet muda.

4. Bisa Jadi Bisnis Musiman yang Menjanjikan
Banyaknya komunitas sepeda di Indonesia bisa menjadi kans bisnis musiman yang amat menjanjikan. Apalagi permintaan sepeda dan spare part –nya juga kian banyak. Anda dapat mulai dagang secara online dan menawarakn sepeda lipat beserta onderdilnya. Namun, seandainya lebih memiliki skill teknis, Anda dapat membuka bengkel sepeda atau jasa stell sepeda. Bisnis ini dapat diawali dari satu komunitas sepeda, lalu bisa merembet ke komunitas lain lewat online.

Bagaimana Metode Mengelola Sosial Sepeda?
Seperti halnya sebuah organisasi, kelompok sosial hakekatnya butuh dikelola agar tak pesat bubar lalu mereka masing-masing menyusun kelompok sosial lain. Buat kelompok sosial Anda semakin besar dengan beberapa metode berikut ini. Beberapa hal yang dapat membikin kelompok sosial sepeda Anda tetap eksis antara lain:

a. Membentuk Struktur Organisasi
Metode yang pertama adalah menyusun struktur organisasi yang bisa diperbaharui sesudah sebagian tahun atau bulan. Struktur organisasi ini tidak perlu banyak – banyak, beberapa yang paling penting merupakan adanya ketua paguyuban atau komunitas dan petugas keuangan yang memegang uang kas kelompok sosial tersebut.
Seorang ketua tentunya bertanggung jawab atas anggota dan keberlangsungan dari komunitasnya. Bahkan bila bisa, ia membuat komunitasnya menjadi lebih besar dan member kian banyak. Menjadi penengah ketika terjadi konflik antar member dan menampung aspirasi member lain.

b. Membikin seragam
Metode kedua ialah dengan membuat seragam suapaya makin kompak. Apalagi apabila diadakan goes bareng tiap weekend atau dikala gathering. Anda bisa membuat t-shirt yang sama dengan bordir atau sablon nama kelompok sosial sepeda Anda di bagian belakang. Kalau tidak menyenangi warna mencolok, seragam dengan warna coklat bisa menjadi pilihan yang tepat. Kecuali tidak sepanas hitam, Anda juga tidak menonjol mencolok.
Seragam ini juga bisa dihasilkan dengan contoh sepeda yang sama. Salah satu semisal, Anda membuat kelompok sosial sepeda lipat yang cuma beranggotakan orang-orang yang memiliki sepeda lipat. Meskipun merek sepeda yang mereka miliki berbeda.

c. Membikin kartu member
Metode ketiga merupakan membikin anggota card untuk komunitas sepeda Anda. Disadari atau tak, dengan membuat kartu anggota, setiap member sebuah paguyuban akan merasa mempunyai dan menyadari adanya tanggung jawab untuk menghidupkan kelompok sosial hal yang demikian. Dengan kartu member ini, tiap-tiap member kelompok sosial bisa mengenal satu sama lain. Apalagi kalau paguyuban sepeda Anda mempunyai banyak anggota dari beraneka kawasan.

d. Kerap mengadakan acara
Sistem yang terakhir yaitu dengan rutin mengadakan acara-acara kumpul bareng atau goes bareng dengan rute khusus. Makin acap kali, tentu akan menjadi paguyuban sepeda yang besar dan kuat.
Bagaimana, seru kan punya komunitas sepeda sendiri? Jikalau belum bergabung, Anda dapat mencari melalui dunia online atau bertanya pada rekan kerja yang juga punya hobi yang sama.

Ada sebagian hal yang sepatutnya Anda amati kalau Anda goes bersama-sama, adalah tetap patuhi protokol kesehatan dan lalu lintas. Jangan sampai Anda bersepeda bareng melainkan melanggar lalu lintas maupun mengganggu pengendara lain. Semoga tulisan ini berkhasiat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *